TIPS AMAN MENGKHITANKAN ANAK DI MASA PANDEMI

Di masa Pandemi ini sebagian orang tua mungkin merasa khawatir untuk membawa anaknya ke fasilitas kesehatan, khususnya untuk khitan. Lalu apakah harus menunda khitan ?

 

Seperti halnya dengan fasilitas pelayanan umum lainnya, fasilitas kesehatan seperti khitan juga menerapkan ‘protokol kesehatan’. Memang tidak ada aturan yang melarang untuk melakukan khitan di masa pandemi ini, namun ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan dan dipatuhi oleh pasien khitan. 

 

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat tetap bisa melakukan khitan tanpa khawatir dengan kondisi pandemi saat ini ? Berikut beberapa tips agar kita tetap aman dalam melakukan khitan untuk anak.


  • Menggunakan Klinik Khitan

Seperti yang kita ketahui banyak sekali fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, dan lainnya menyediakan layanan khitan. Namun, dikarenakan masa pandemi saat ini rumah sakit dan pusat kesehatan lainnya penuh dengan pasien, maka Anda bisa memanfaatkan klinik khusus untuk melakukan tindakan khitan atau sunat. Tentunya hal tersebut dinilai lebih aman bagi orang tua dan anak. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir karena klinik khusus khitan juga menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.


  • Konsultasi Daring

Meskipun sedang masa pandemi, namun Anda tidak perlu khawatir untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda bisa memanfaatkan sistem daring atau online untuk berkonsultasi dengan dokter yang telah dipilih. Hal tersebut jauh lebih aman dan efisien karena Anda tidak perlu membuang waktu untuk pergi konsultasi ke dokter. Dengan konsultasi secara daring Anda dapat melakukan dimanapun dan kapanpun.


  • Tentukan Tanggal Khitan

Jika setelah berkonsultasi dengan dokter, anak Anda dinyatakan perlu ditindak, maka Anda perlu membuat janji dan menentukan tanggal untuk melaksanakan tindakan khitan. 

 

Setelah itu Anda bisa datang ke klinik sesuai dengan tanggal yang sudah disepakati. Dengan begitu Anda tidak perlu bolak-balik untuk menemui dokter dan membuat janji.


  • Memanfaatkan Layanan Khitan di Rumah

Saat ini beberapa klinik dan layanan kesehatan juga membuka layanan khitan di rumah. Anda juga bisa memanfaatkan layanan ini di masa pandemi saat ini. 

 

Melakukan tindakan khitan di rumah akan jauh lebih membuat anak merasa nyaman, karena berada di tempat yang biasa mereka tinggali, dan mereka juga tetap aman dari resiko penluaran virus dan penyakit.


  • Menerapkan Protokol Kesehatan

Tips yang terakhitr adalah menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun. Biasanya dari kliniknya sendiri akan membatasi jumlah pasien dan pengunjung. Karena semakin banyak orang yang berkunjung ke klinik, maka semakin besar resiko penularan penyakit dan virus. Dan jangan lupa untuk memakai masker, mencuci tangan dan menggunakan hand sinitizer saat berada di klinik.




Beberapa tips tersebut dapat Anda terapkan saat melakukan khitan untuk anak. Semoga tips tersebut dapat membantu dan memudahkan Anda dalam merencanakan tindakan khitan untuk anak Anda.